Sabtu, 25 Oktober 2014

Kajian Asmara: Tips Awet LDR

           Long Distance Relationship, atau lebih sering disingkat LDR, adalah hubungan asmara sepasang anak cucu Adam yang terkendala oleh masalah jarak. Lebih gampangnya lagi, pacaran jarak jauh. Jadi ga cuma santet doang yang bisa jarak jauh, pacaran juga bisa.

Karena pacarannya jarak jauh, maka intensitas ketemuan pun jadi lebih jarang dibandingkan pacaran normal pada umumnya. Tapi kalo masalah hati, jangan ditanya. Gak jauh beda sama pacaran normal kok, bahkan bisa lebih.

Bedanya kalo pacaran normal bisa ketemuan tiap 2 jam sekali, kalo LDR bisa 2 bulan atau bahkan 2 tahun sekali. Kalo masalah makan, pacaran normal satu meja dua piring buat dua orang, nah kalo LDR satu meja dua piring buat satu orang (kelaperan).

Kalo urusan ulang tahun, pacaran normal tinggal beli kado terus kasih langsung, nah kalo LDR, beli kado, terus bayar jasa pengiriman barang, nunggu kadonya nyampe, belum lagi kalo alamatnya salah terus kadonya nyasar, mesti mulai dari awal lagi, karena takut nyasar akhirnya pilih nganter sendiri ke pacar, duit lagi, bensin lagi, tenaga lagi, cepek badan capek dompet.

Tapi jangan pesimis dulu, dibalik capeknya itu, semuanya akan terasa manis ketika kita bisa liat wajah pacar kita yang kaget setengah gak percaya ngeliat kita berdiri depan pintu kamarnya jam 12 malem, sambil bawa tart ultah di tangan kanan, kado di tangan kiri, dan gak lupa juga bunga mawar lengkap sama durinya yang digigit di mulut. Maniiiiiiiiiiiis banget.
           
Biasanya kalo cewek ngeliat perjuangan cowoknya sampe segitunya, dia Cuma bisa kaget sambil mlongo, terus nangis terharu campur bahagia, endingnya meluk kita sambil bilang “kamu apa-apaan sih sampe kaya gini”, nyubit2 manja. Kitanya horny.

Tapi, mana ada sih pasangan yang pengin hubungannya mesti LDR. Semua orang pasti pengin kalo pacaran tiap hari bisa ketemu, jalan, nonton, pulang, makan, pokoknya apa-apa ya serba bareng. Seakan dunia milik berdua, yang lain ngontrak. Iya apa iya?

Jadi LDR itu pilihan? Ya kalo menurut gue sih gitu, tapi itu pilihan terakhir. Artinya, ketika kita menginginkan kita bisa terus ada disamping pacar tapi kondisinya ga memungkinkan (misal pacar kita kuliahnya jauh) sementara kita gak pengin kehilangan dia,(putus). Mau ga mau ya kita ambil jalan tengah, LDR. Dari LDR ini lah kesetiaan sama pasangan kita bakal diuji. FYI godaan LDR itu jauh lebih besar dari pada pacaran normal, tapi ngenesnya masih lebih ngenes jomblo kok.


            Di postingan kali ini gue bakal kasih tips-tips pacaran LDR biar tetep awet. Langsung aja cekicrottt

1.      Buat komitmen dan saling percaya
Setiap pacaran pasti perlu adanya komitmen, kalo ga ada komitmen ya ga usah pacaran, temenan aja. Kalo diibaratkan dua jari yang diiket pake benang merah, nah benang merah itu lah yang disebut komitmen.
            
Buatlah komitmen yang kuat sama pacar kita supaya kalian bisa saling percaya satu sama lain walopun kalian LDR. Karena kalo salah satu udah gak percaya sama pasangannya, kedepannya kalian bakal saling curiga dan dampak terbesarnya ya salah satu pihak gak mau lagi mempertahankan komitmen yang udah kalian buat.
           
Secara, ngapain tetep mempertahankan komitmen kalo pasangan kita aja udah gak percaya sama kita. Kalo udah begini, hubungan LDR kalian bakal berjalan gak sehat, tiap hari ribut dan akhirnya jatuh talak 3, putus.

2.      Rutin Komunikasi
Komunikasi dalam setiap hubungan itu ibarat organ jantung yang fungsinya memompa darah ke semua bagian tubuh. Apalagi kalo lo LDR. Komunikasi itu nomer wahid gaes.
       
     Jadi komunikasi itu penting?’
menurut ngana?! Penting lah, apa enaknya pacaran kalo diem-dieman. Itu pacaran apa musuhan?. Riset menunjukkan bahwa pesan singkat dari pacar adalah hal yang paling ditunggu-tunggu urutan nomor dua. Nomor satunya itu pesan dari bokap yang kasih tau kalo uang jajan barusan udah ditransfer.   

Satu hal lagi yang terpenting, jangan pernah gengsi buat hubungin pacar kita duluan. Terkadang kita masih suka gengsi buat hubungin pacar kita duluan dengan alasan yang kekanak-kanakan.

Misal, kalo cowok alasannya biasanya masalah hati. ‘Dia sayang gak sih sama gue? gue penting gak sih buat dia?’ gitu terus yang diputer diotaknya. Endingnya diem2an, si cewek marah karena cowoknya ga ada kabar, si cowok ngerasa kalo ceweknya yg gak pernah kasih kabar. Jatuh deh talak 3.

Kalo cewek alasannya biasanya lebih ke masalah gender. ‘Gue kan cewek, masa gue dulu yang hubungin dia, hellow?’. Endingnya cowoknya marah2 karena ngerasa si cewek gak pernah ada waktu buat dia, nah si cewek balik bilang kalo cowoknya gak peka. Kalo gitu terus, gak lama bisa jatuh talak 3.

            Jadi, masih mau gengsi cuma buat kasih kabar doang ke pacar? Pikirkan baik2 gaes.


3.      Libatkan dia dalam kegiatan kita
Walopun kalian jauh, bukan berarti kita gak bisa melibatkan pacar kita dalam kegiatan kita dong. Yah, walopun cuma lewat pesan singkat, apa susahnya sih buat ngasih tau kegiatan kita ke pacar.

Dengan begitu, pacar kita bakal merasa kalo dia adalah seorang yang sangat penting di hidup kita. Kasih kabar ke pacar susah2 gampang kok, yang penting niatnya.

Contoh nih ya, misalnya lo lagi mau sholat Isya. Sebelum sholat, kabarin pacar lo dulu. “Sayang, aku mau sholat dulu ya, aku jadi ma’mum nih di shaf paling depan”. “Sayang imamnya lama banget baca doanya eh”. “Sayang, akhirnya rukuk juga”. “Sayang aku mau sujud dulu ya”. “Sayang, kayanya samping aku maho nih”. “Aku harus pindah shaf apa tetep disini aja sayang?”. “Sayang, ternyata dia beneran maho, waktu aku lagi sujud dia tanya2 pin aku”. Gitu, gampang kan?. Tapi itu cuma contoh ya. Jangan ditiru karena contoh itu hanya dilakukan oleh orang2 profesional.

4.     Ingat hari2 penting kalian
Mungkin ini sepele, kebanyakan orang berpikir ngapain mesti nginget2 hari2 bersejarah bersama pacar. Toh juga waktu gak akan bisa diputar ulang dan membawa kita ke masa2 itu lagi.

Meskipun sepele, tapi terkadang hal2 sepele kaya gini yang bisa memicu pertengkaran besar dengan pemeran yang selalu sama walopun jalan ceritanya berbeda.

            Jalan cerita yang berbeda? Maksudnya?
Gak paham? gue kasih contoh sekalian aja ya biar kalian bisa memahami maksud gue dengan benar.

Kasus pertama: Cowok lupa

*percakapan di telpon*
Cewek : “Sayang, kamu inget gak ini hari apa?”
Cowok : “Ini kan hari minggu sayang
Cewek : “Ihhh bukan itu maksud aku,maksudnya kamu inget gak ada peristiwa apa hari ini???
Cowok : “Ohhh itu, ehhmmmm… hari ini ada apa ya?Hehehe” si cowok masih berusaha tanya ke ceweknya
Cewek : “Jadi kamu lupa hari ini hari apa?” si cewek mulai bete
Cowok : “Ehh, bukannya lupa sayang, aku cuma mendadak amnesia gara2 barusan ada eek cicak yang jatuh di kepala aku” si cowok mulai keliatan panik dan mengeluarkan alasan2 yang gak masuk akal Cewek : “Itu artinya kamu lupa” cewek makin bete, dan bersiap ngeluarin   boneka vodoo dari balik tangannya
Cowok : “hehehee… i..i iyaa sayang, aku lupa nih, maaf yaa. Emang hari ini hari   apa sayang???” si cowok ngaku salah, dan tinggal pasrah
Cewek : “HARI INI ITU HARI PERTAMA AKU MENSTRUASI, KAMU    LUPA?! HARI KECIL GINI AJA KAMU LUPA, GIMANA KALO HARI ULANG TAHUN PERNIKAHAN KITA NANTI…. Bla bla bla…KAMU    MAU AKU PUTUSIN? HAH?! MAU KAMU?!!” si cewek marah2 ke cowoknya, sampai puncaknya dia ngeluarin kalimat sakti (yang gue kasih warna merah) yang bisa bikin cowok mati kutu.
Cowok : “Eh, engga ko sayang, aku ga mau putus kok, gimana kalo lusa aku samperin kamu, terus kita jalan ke mall, kita shopping sayang, gimana?
Cewek : “Gak usah!” *tutup telpon*… tuut tuut tuuuut

Kasus kedua: Cewek lupa

*percakapan by phone*
Cowok : “Bebz, inget gak ini hari apa?
Cewek : “Hari minggu” sambil liat kalender di hape
Cowok : “errrrr… maksud aku ada peristiwa apa di hari ini, inget ga?” si cowok    mulai kesel, tapi masih berusaha tetap tenang
Cewek : “Engga tuh” bedanya cewek sama cowok terlihat jelas disini, cewek lebih jujur dan to the point, kalo cowok masih suka ngeles kaya sopir bajaj
Cowok : “Jadi kamu gak inget! Ini kan hari pertama kita temenan di facebook!cowok mulai kesel, nada bicaranya mulai tinggi, tapi masih berusaha tetap tenang.
Cewek : “Ohh, selamat ya” si cewek tetap cuek.
Cowok : “KO TANGGAPAN KAMU GITU SIH? KAMU UDAH GA NGANGGEP AKU APA? HAL KAYA GITU AJA KAMU SAMPE LUPA!... bla bla bla…” si cowok udah gak bisa tenang, mulai marah2 gak jelas kaya kaleng rombeng
Cewek : “Udah marahnya? Sekarang maunya apa? Mau putus? Yaudah” dalam    kondisi kaya gini, cewek tetap tenang, menguasai permainan dan masih bisa ngeluarin kata2 sakti (yang gue beri warna merah) yang bikin semua cowok mati kutu.
Cowok : “Ah enggak, siapa yang marah sih, aku malah mau ngajak kamu shopping lusa nih bebz…hehehe” keliatan banget kalo si cowok ketakutan setengah mampus pas diancam putus sama ceweknya.
Cewek : “Gak usah!” *si cewek nutup telpon* tuut…tuuut…tuuut

See, keliatan banget perbedaannya kan? Padahal masalahnya sama, yang beda disini cuma subyeknya. Jadi buat kalian para cowok, perbanyaklah mengingat hari2 bersejarah kalian sama cewek kalian. Mulai dari hari jadian, hari pertama jemput, hari pertama pacar kita dapet, hari pertama kalian pegangan tangan, hari pertama kalian suap2an, dan hari2 lainnya.

Kalo kalian bukan tipe2 orang yang suka mengingat hari penting sama pacar, jangan ragu2 buat pake bantuan reminder, karena untuk alasan inilah setiap gadget selalu dilengkapi sama yang namanya reminder (pengingat).

5.     Kirimin virtual gift
Sekecil apapun benda yang kita kirim ke cewek kita, kalo LDR pasti bakal terlihat besar dimata cewek kita. Walopun hanya sebuah video berdurasi singkat, foto hasil jepretan kamera 360, atau quote ala2 pujangga galau.

Gak percaya? Cobain aja. Misalkan lo punya bisul yang baru pecah, jangan lupa buat difoto terus edit pake aplikasi editing. Jangan lupa juga tambahin quote, misal gini ‘cintaku ke kamu kaya bisulku yang abis pecah, selalu merekah-rekah’ tambahin emot cipok.
           
Walopun terkesan menjijikan, tapi dengan adanya tambahan quote dan emot cipok akan menambah kesan romantis. Yeah, suck romantic lebih tepatnya
-___-

Oke gaes, segitu dulu tips yang bisa gue kasih. Semoga bisa membantu buat menjaga hubungan LDR kalian biar tetap awet. Kalo kalian punya tips2 jitu lainnya, jangan sungkan buat berbagi. Karena berbagi itu indah, kecuali berbagi pacar -__-
Satu hal yang perlu diingat, LDR itu sifatnya sementara, jadi percayalah sama pasangan kalian. Karena sesuatu yang baik datang buat mereka yang percaya, sesuatu yang lebih baik datang bagi mereka yang mau bersabar, dan sesuatu yang terbaik pasti datang buat mereka yang tidak pernah menyerah. Kalo katanya Dion Idol di lagunya sih, Indah Pada Waktunya. Tsaaaah.


LDR mengajarkan kita bahwa
betapa berharganya kehadiran orang
yang kita sayang walaupun hanya
1 jam, 1 menit, bahkan 1 detik
Share On:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.