Selasa, 20 Januari 2015

JOBFAIR, Ajang Temu Kangen Sesama Pengangguran

Beberapa minggu yang lalu gue sempet baca update status pesbuk temen gue, begini statusnya:

"Nulis deh, terus simpan di blog. apa aja bisa ditulis, diceritain. setahun, dua tahun bahkan bertahun-tahun setelah ini kalian bakal ketawa-ketiwi bacanya. Sejarah itu dibuat loh guys." 

Mungkin ngga ya, kalo sekarang Gajah Mada sama bung Karno  masih hidup, terus baca buku IPS Sejarah, mereka bakal ketawa-ketiwi?

Posisi gue waktu baca status itu lagi di gerbong nomor 2, kursi 9A, kereta Serayu Malam, dan playlist di hape gue lagi muterin lagu kereta malam koplo remix, jugijagijug gijagijug kereta berangkat.

Jadi, apa hubungannya status temen gue sama lagu kereta malam koplo remix yang lagi gue denger?. Jawabannya gak ada. Gak ada hubungannya sama sekali, bahkan kalo lo mau coba buat nyambungin juga percuma, endingnya putus juga. #eaaaa.

Okai, langsung pada intinya aja. Intinya gue gak mau kelamaan basa-basi. Kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue beberapa hari kemaren ikutan Jobfair di ibu kota. Yah, namanya juga freshgraduate, denger kalimat "ada jobfair tuh" sekali aja, langsung semangat banget buat ikutan. Padahal gak semua jobfair itu recomended buat disamperin lho gaes. Tapi gapapa lah, itulah yang disebut semangat. Semangat buat ngerubah nasib. Mumpung masih fresh, kalo udah expired nanti bakal susah balikin semangatnya, namanya juga barang expired. #pfftt
Opa Dirman malu, giliran diambil gambarnya malah ngadep belakang

Seperti kata gue barusan. Gak semua Jobfair itu recomdended buat disamperin. Terkadang ada juga EO (Event Organizer) yang cuma pengin manfaatin orang2 yang lagi butuh lewat event2 jobfair kaya gini dengan mencantumkan list perusahaan2 gede yang ditulis di baliho segede gaban supaya menarik perhatian banyak orang buat ikutan jobfair. Faktanya, dari sekian banyak perusahaan bonafit yang dicantumin, paling cuma 3-4 doang yang nongol pas hari H, selebihnya perusahan2 ecek2 yang kurang futures. Belum lagi fasilitas tempat yang kurang memadai. Sempit, buat jalan aja kita mesti tarik perut dalem2 biar badan kita bisa lewat. Pulang ke rumah tau-tau volume lambung jadi berkurang 30%. (Tips: Buat kalian yang perutnya offside, alangkah baiknya kalo kalian perbanyak joging dan perketat diet biar pas hari H perut kalian ga bikin susah.)
Konser dangdut aja ga sampe segini sempitnya
Kalo gue itung2, sehari aja ngadain jobfair, bisa langsung balik modal, sisanya malah kayanya bisa buat ngadain jobfair lagi ditempat lain. Sebenernya kalo buat bisnis, lumayan menggiurkan sih. Tapi kalo disuruh nanggung dosanya manfaatin orang yang lagi membutuhkan, ngeri aih. 

Saran gue, sebelum lo memutuskan buat ikutan jobfair. Alangkah baiknya kalo kita cari info sebanyak2nya tentang jobfair tersebut. Jangan sungkan untuk bertanya ke senior yang udah lebih berpengalaman ikutan jobfair sana-sini. Kalo udah dapet info yang cukup, jangan lupa nge-cek list perusahaan yang ikut berpartisipasi, cari mana yang sesuai sama passion lo. Pelajari profil lengkapnya biar nanti pas hari H, kita ga kaya orang ilang bingung mau ngelamar ke perusahaan mana. 

Kebanyakan newbie (istilah buat orang yg baru pertama kali ikutan jobfair) masih suka bingung nentuin pilihan mau ngelamar ke perusahaan yang mana. Kelihatan dari isi tas-nya yang penuh sama amplop lamaran sama alat make up. Endingnya asal drop CV. Jobseeker yang berpengalaman, biasanya hanya membawa 1-2 berkas lamaran, karena dia sudah tau, perusahaan mana yang bakal dia lamar. Ini yang namanya berpikir strategis. #tsaah

Khusus kalian yang punya idealisme tinggi, (artinya: Kalian ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu kalian). Gue sarankan, lebih baik ikutan jobfair yang diadain kampus kalian atau kampus lain. Karena biasanya kualifikasi yang dijadikan syarat buat masuk masih berhubungan tentang disiplin ilmu kalian.

Remember, sebelum menjatuhkan pilihan di sebuah perusahaan. Liat baik2 kualifikasi yang dibutuhkan, sesuaikan sama kondisi kita. Jangan sampe kita salah kamar. 'Waduh, maksudnya apa tuh?'. Maksudnya gini, misal sebuah perusahaan membutuhkan posisi accounting & finance yang mengutamakan lulusan Akuntan. Kalo lo lulusan akuntan, itu cocok buat lo, artinya lo ngga salah kamar. Tapi, kalo lo lulusan ilmu sejarah nekad ngelamar buat ngisi posisi itu, lo salah kamar. Pertanyaannya, kalo kerja nanti lo mau ngapain? cerita tentang sejarah akuntan?. Maka dari itu, cermatlah dalam membaca kualifikasi sebuah posisi dalam perusahaan. (Pengecualian buat yang emang punya basic kemampuan lebih di suatu bidang di luar disiplin ilmu kalian)

Satu hal lagi, ajak temen. Gimanapun juga, temen itu penting buat masa2 pencarian kerja kaya gini. Selain bisa jadi tempat bersandar ketika kita lelah ditolak sana sini, temen juga bisa menyadarkan kita, bahwa di dunia ini ada orang selain kita yang masih nganggur. (back song: You're Not Alone by Michael Jackson).
Hati senang walau masih pengangguran.. Ouwow
 Okai, sekian dulu pengalaman gue ikutan Jobfair kemaren. Semoga bisa menambah informasi walopun gue yakin ga ada informasi yang bakal kalian dapet setelah baca postingan gue ini. Tapi, mengacu pada status pesbuk temen gue  di awal tadi, mungkin satu atau beberapa tahun kemudian ketika gue baca tulisan ini, gue bakal ketawa ketiwi. hihihihi
Share On:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.